Hubungan Pelatihan, Fasilitas Kesehatan, Pengalaman Kerja terhadap Kinerja Bidan dalam Penatalaksanaan MTBS

Relationship between Training, Health Facilities, Work Experience and Performance of Midwives in IMCI Management

Authors

  • Andini Oktapiani Puskesmas Klapanunggal
  • Nurwita Trisna Sumanti Universitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.53801/oajjhs.v3i5.261

Keywords:

fasilitas kesehatan, kinerja bidan, pelatihan, pengalaman kerja

Abstract

Latar Belakang: MTBS adalah suatu manajemen melalui pendekatan terintegrasi/terpadu dalam tatalaksana balita sakit yang datang di pelayanan kesehatan, baik mengenai beberapa klasifikasi penyakit, status gizi, status imunisasi maupun penanganan balita sakit tersebut dan konseling. Persentase anak bawah lima tahun yang mengunjungi puskesmas dan mengikuti program MTBS naik dari 6% pada bulan Februari 2019 menjadi 94% pada bulan Juni 2020. Menurut Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2021 Persentase balita dilayani MTBS tingkat nasional tahun 2021 sebesar (30,5%). Menurut data dari Profil Kesehatan Jawa Barat tahun 2021 yaitu provinsi Jawa barat sebesar  (57.0). Menurut dari data Puskesmas Klapanunggal yaitu sebesa (38%).

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan pelatihan fasilitas kesehatan, pengalaman kerja terhadap kinerja bidan dalam penatalaksanaan MTBS di Wilayah Kerja Puskesmas Klapanunggal.

Metode: Peneliti memilih menggunakan kuantitatif dengan dengan metode survei analitik desain penelitian cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Klapanunggal. Penelitian ini akan dilakukan pada bulan Desember sampai Februari tahun 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah bidan yang melakukan MTBS di wilayah kerja puskesmas klapanunggal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, semua populasi dijadikan sampel. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah Statistic Product For Social and Science (SPSS) versi 18 uji statistic yang digunakan yaitu uji chi-square.

Hasil: Pelatihan dengan Kinerja Bidan diperoleh p-value sebesar 0,043. Fasilitas Kesehatan dengan Kinerja Bidan diperoleh p-value sebesar 0,014. Pengalaman Kerja dengan Kinerja Bidan diperoleh p-value sebesar 0,010.

Kesimpulan: Ada hubungan pelatihan, fasilitas Kesehatan dan pengalaman kerja dengan kinerja bidan dalam penatalaksanaan MTBS di Wilayah Kerja Puskesmas Klapanunggal tahun 2022. Variable yang sangat berpengaruh adalah variable pelatihan terhadap kinerja bidan p-value sebesar (0,043).

Downloads

Published

2024-06-01