Tingkat Kecemasan, Pengetahuan, dan Dukungan Keluarga dengan Kesiapan menghadapi Persalinan pada Era Pandemi Covid-19

Level of Anxiety, Knowledge and Family Support with Readiness for Childbirth in the Covid-19 Pandemic Era

Authors

  • Lovi Olivia RS Bina Husada Cibinong

DOI:

https://doi.org/10.53801/oajjhs.v2i10.189

Keywords:

covid-19, dukungan keluarga, pengatahuan, persalinan, tingkat kecemasan

Abstract

Latar Belakang: Kecemasan dapat mengganggu kesehatan mental ibu hamil sehingga menjadi masalah psikologis, pengetahuan dan dukungan keluarga pada ibu hamil menjelang persalinan, akibatnya berpengaruh pada kesehatan fisik dan psikologi.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan, pengetahuan ibu hamil dan dukungan keluarga dengan kesiapan menghadapi persalinan pada era pandemi Covid-19 di ruang nifas RS Bina Husada Tahun 2022.

Metode: Metode penelitian ini bersifat korelasi kuantitatif menggunakan pendekatan cross-sectional dengan angket kuesioner berskala likert. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 160 responden, dan adapun jumlah sampel dengan menggunakan rumus slovin didapatkan 62 responden. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Uji analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chi-square.

Hasil: Berdasarkan hasil uji chi-square pada variabel tingkat kecemasan dengan kesiapan persalinan diperoleh nilai p-value sebesar 0,046 < 0,05. Pengetahuan ibu dengan kesiapan persalinan diperoleh nilai p-value sebesar 0,007 < 0,05.  Dan dukungan keluarga dengan kesiapan persalinan diperoleh nilai p-value sebesar 0,002 < 0,05.

Kesimpulan: Terdapat hubungan antara tingkat kecemasan dengan kesiapan persalinan, terdapat hubungan pengetahuan ibu dengan kesiapan persalinan, dan terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan kesiapan persalinan pada era pandemi Covid-19 di ruang  nifas RS Bina Husada Cibinong.

Downloads

Published

2023-10-15